Pembelajaran
Inquiri (Inquiry Learning)
Sejak
manusia lahir ke dunia, manusia memiliki dorongan untuk menemukan sendiri
pengetahuannya. Rasa ingin tahu tentang alam sekitar di sekelilingnya merupakan
kodrat manusia sejak ia lahir ke dunia. Sejak kecil manusia memiliki keinginan
untuk mengenal segala sesuatu melalui indera penglihatan, pendengaran,
pengecapan dan indera-indera lainnya.Hingga dewasa keingintahuan manusia secara
terus menerus berkembang dengan menggunakan otak dan pikirannya. Pengetahuan
yang dimiliki manusia akan bermakna (meaningfull)
manakala didasari oleh keingintahuan itu. Didasari hal inilah suatu strategi
pembelajaran yang dikenal dengan inkuiri dikembangkan.[1]
Inquiri berasal dari kata to inquire yang berarti ikut serta,
atau terlibat, dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mencari informasi, dan
melakukan penyelidikan.Pembelajaran
inkuiri ini bertujuan untuk memberikan cara bagi siswa untuk membangun
kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan
proses-proses berpikir reflektif[2].
Menurut Slamento Pembelajaran Inquiri adalah:
Cara penyampaian bahan
pengajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar mengembangkan
potensi intelektualnya dalam jalinan kegiatan yang disusunnya sendiri untuk
menemukan sesuatu sebagai jawaban yang meyakinkan terhadap permasalahan yang dihadapkan
kepadanya melalui proses pelacakan data dan informasi serta pemikiran yang
logis, kritis dan sistematis”.[3]
Pembelajaran ini merupakan
pembelajaran yang memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan
pemikirannya. Melalui inquiri siswa diberikan permasalahan-permasalahan yang
kemudian permasalahan tersebut diselesaikan melalui proses penelitian-penelitan
data berdasarkan fakta yang ada sehingga akan tercermin suatu kesimpulan yang
diterima secara ilmiah.
Dari beberpa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran inquiri merupakan pembelajaran yang menitik beratkan pada proses
berpikir siswa secara logis, sistematis dan kritis, sehingga akan melahirkan
suatu pola pemikiran yang ilmiah bagi siswa. Fokus utama dari pendekatan belajar
ini adalah menyelesaikan masalah secara ilmiah.
Secara prinsipdan norma yang dikandung dalam metode Inquiry
menurut Joyce and Weil adalah kerja sama, kebebasan intelektual, dan kesamaan
derajat. Selanjutnya menyatakan bahwa selama proses Inquiry siswa saling
berinteraksi dengan lain dan juga dengan gurunya[4].
Siswa ditekankan pada kerja sama, dengan kata lain siswa dalam meyelesaikan
masalah berada dalam kelompok, siswa berpikir dengan bebas dan mengeluarkan
ide-ide dalam menyelesaikan masalah dan guru sebagai pembimbingnya. Hal ini
sesuai dengn pendapat Roestiyah metode Inquiry merupakan: suatu teknik
atau cara yang digunakan guru untuk mengajar di depan kelas. Adapun
pelaksanaannya sebagai berikut: guru membagi tugasmeneliti suatu masalah ke
kelas, siswa dibagi menjadi kelompok, dan masing-masing kelompok mendapat tugas
tertentu yang harus dikerjakan[5]
Untuk mengaktifkan siswa dalam kelompok, masing-masing
anggota dalam kelompok diberi tugas sesuai dengan funsinya
masing-masing.Menurut Oemar Hamalik:
pelaksanaan Inquiry kelompok di dalam kelas
dilaksanakan oleh kelompok-kelompok yang terdiri dari enam kelompok,
masing-masing terdiri dari lima orang siswa, dan tiap anggota melakukan peran
tertentu, yakni sebagai berikut:
a. Pemimpin kelompok
b. Pencatat (recorder)
c. Pemantau diskusi (discussion monitor)
d. Pendorong (prompter)
e. Pembuat rangkuman (summarizer)
f. Pengacara (advocate)[6]
[1]Herdian.Model Pembelajaran(online)(2012)http://herdy07.wordpress.com/model-pembelajaran-inkuiri/ diakses
tanggal 22 Agustus 2012.
[2]Sanjaya,
Wina. Dr..Strategi Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan. ( Jakarta:Kencana Prenada Media Group,2008) hal. 302
[3]Slamento, Proses Balajar Mengajar Dalam Kredit Semester SKS (Jakarta:
Bumi
Aksara, 2003), hlm. 116
[4]Joyce and
Weil, Models of Teaching. ( Prentice/
Hall International, 2006) , hlm. 57
[5]Roestiyah, Strategi
Belajar Mengajar ( Jakarta: Rineka Cipta, 2001), hlm. 75
No comments:
Post a Comment