Tuesday, May 29, 2012

RKAS MIN COT JAWI NAGAN RAYA


RENCANA KERJA SEKOLAH
( RKS )
MIN COT JAWI
KABUPATEN NAGAN RAYA
TAHUN 2012 SD 2015












MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI COT JAWI
Jl. Nasional Kecamatan Seunagan Kab. Nagan Raya
Email: mincotjawi@gmail.com
KEMENTERIAN  AGAMA KABUPATEN  NAGAN RAYA
PROVINSI ACEH
 




TAHUN 2012











A.                ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Cot Jawi Kabupaten Nagan Raya yang berlokasi di Desa Cot Jawi Kecamatan Beutong  Kabupaten Nagan Raya merupakan satu-satunya sekolah tingkat dasar yang berciri khas keagamaan yang berada di kecamatan Beutong kabupaten Nagan Raya. Dengan demikian, Madrasah Itidaiyah Negeri Cot Jawi merupakan sekolah  yang menjadi suatu harapan bagi masyarakat desa Cot Jawi dan masyarakat disekitar desa Cot Jawi tersebut.
Sebagai gambaran masyarakat cot jawi merupakan masyarakat yang boleh dikatakan 100 % beragama Islam yang cukup fanatik pada sekolah agama. Dengan demikian ini merupakan aset atau sumber pendorong bagi sekolah MIN Cot Jawi untuk menjaga kualitas pendidikan, sehingga kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya itu tidak beralih ke sekolah dasar lain yang berada tidak jauh dari sekolah tersebut.
Pendidikan masyarakat sekitar sekolah merupakan masyarakat yang berpendidikan umumnya menamatkan sekolah tingkat sekolah pertama atau SMP/ MTs  dan SMA/MA.  Dan sedikit yang tamat peguruan tinggi. Mata pecahariannya umumnya adalah petani sawah dan karet dan sedikit sekali yang bekerja sebagai pegawai negeri. Meskipun demikian minat menyekolahkan anak-anak mereka  untuk keberhasilannya cukup tinggi.
Perkembangan zaman sekarang dengan  teknologi informasi yang begitu pesat, apalagi kegiatan keuangan dan pelaporan keuangan dan barang milik negara  pada madrasah sudah  menggunakan berbagai aplikasi komputer dan internet, maka sekolah dituntut harus siap memanfaatkan perkembangan tehnologi informasi tersebut, minimal sekolah harus memiliki komputer dan email sekolah dan moderm.
Kabupaten Nagan Raya merupakan kabupaten baru, dalam hal peningkatan mutu sekolah, kabupaten Nagan Raya telah berupaya dengan berbagai program dalam upaya peningkatan mutu sekolah tersebut, MIN Cot Jawi Kabupaten Nagan Raya berusaha memenuhi momen strategis ini dalam rangka peningkatan mutu tersebut, minimal MIN Cot Jawi berusaha atau sejajar dengan mutu sekaolah dasar lain di tingkat Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya.

B.      ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
MIN Cot Jawi Kabupaten Nagan Raya telah berusaha melakukan perbaikan dan pembaharuan untuk menghadapi tantangan global dan kebutuhan madrasah yang mutlak harus dipenuhi pada saat ini. Adapun usaha kearah tersebut adalah:
  1. Pengadaan komputer dan laptop, digunakan untuk memaksimalkan kegiatan adamistarsi penatausahaan dan keuangan.
  2. pelatihan beberapa tenagan TU yang sehingga mampu menggunakan komputer dan mampu memanfaatan aplikasi-aplikasi keuangan.
  3.  Untuk kedepan guru juga harus mampu menggunakan laptop dalam kegiatan belajar mengajar.
  4. Pelatihan guru merupakan upaya memaksimalkan kapabilitas guru menuju profesionalisme. MIN Cot Jawi akan berusah mempermudah akses kearah tersebut.
  5. MIN Cot Jawi juga ikut serta dalam berbagai kegiatan keguruan seperti, KKG dan K3M
  6. Pelatihan tenaga administrasi layak diperlukan, minimal mampu menggunakan komputer dan internet.
  7. Kegiatan memaksimalkan kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian kurikulum dan hasil belajar yang diinginkan.
  8. Mengikuti segala kegiatan ekstrakurikuler, baik ditingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan.
  9. Dalam peningkatan mutu, untuk saat ini, MIN Cot Jawi juga membenah diri untuk dapat berdiri sejajar dengan sekolah lain yang ada di Kabupaten Nagan Raya, minimal MIN Cot Jawi dapat sejajar mutunya dengan sekolah dasar lain di tingkat Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya.
  10. Dengan adanya dana BOS sekarang ini, upaya melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan kurikuler akan berjalan lebih optimal, dengan tujuan pencapain hasil yang baik, dalam rangka peninngkatam mutu madrasah. MIN Cot Jawi akan menggunakan semua itu secara cermat, jujur, dan transparan.
  11. MIN Cot Jawi mempunyai dana Rutin dari DIPA, MIN Cot Jawi akan memperhatikan kesejahteraan guru dan pegawai dalam rangka pemberian pelayanan pendidikan yang baik, juga menggunakan dana tersebut sebaik-baik mungkin demi kemaslahatan dan pencapaian kurikulum madrasah.
  12. Lulusan MIN Cot Jawi saat ini 100 % dari keseluruhan siswa peserta UAN yaitu 37 siswa. Dengan rata-rata nilai 7,3. Dengan demikian hasil yang didapat menjadi acuan atau pemacu untuk menuju prestasi selanjutnya.
  13. Tenaga pengajar pada MIN Cot Jawi, dari segi kualitas sudah maksimal, yaitu Guru PNS 12 orang  dan guru Honorer 8 orang dan 1 orang tenagan TU. Dari jumlah 20 tenaga tersebut Sarjana lengkap 4 guru dan lainya tamatan D2. Dan 3 orang guru telah llulus ujian sertifikasi guru.
  14. Sarana prasaran sekolah belum maksimal. Yaitu 3 ruang belajar, 1ruang kepala dan guru, 1 perpustakaan dan belum adal laboratorium.



C.       ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG
            Melihat perkembangan zaman yang begitu pesat dengan arus globalisasi dan tekhnologi informasi, maka tentu MIN Cot jawi harus mempersiapkan diri untuk mengadapi semua tersebut dengan pembenahan berbagai lini, seperti kurikulum, SDM, sarana prasarana dan pengadaan Perangkat TI sebagai pengantisipasian dan partisipasi aktif terhadap arus tersebut dalam upaya memacu kinerja sehingga mampu menyesuaikan diri, dengan harapan MIN Cot Jawi tidak ketinggalan dan keterbelakangan, dan mampu bersaing dengan sekolah lain.
            Sebagaimana diketahui upaya pembenahan untuk menghadapi tantangan masa depan, MIN Cot telah melakukan beberapa persiapan yang mencakup pembenahan :
  1. Kegiatan belajar mengajar melalui pembenahan perangkat pembelajaran seperti kurikulum, RPP, Prota dan Prosem dan pengadaan media pembelajaran atau KIT.
  2. Pengadaan buku paket, baik untuk guru dan siswa
  3. Upaya pendisiplinan para guru, pegawai dan siswa
  4. Pengadaan sarana prasarana, seperti komputer, moderm internet dan ruang belajar dan laboratorium.
  5. Pelatihan dan training para guru dan staf TU
  6. Manajemen keuangan yang baik, efisien, jujur dan  transparan
  7. Ikut berbagai kegiatan ekstrakurikuler, baik tingkat kabupaten atau kecamatan.
  8. Ikut aktif kegiaran KKG dan K3M
  9. Evaluasi dan Supervisi kegiatan belajar mengajar secara rutin dan terhadap kinerja para guru dan pegawai

D.        IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN KONDISI) ANTARA KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI TERHADAP KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG

Analisis pengidentifikasian tantangan nyata (KESENJANGAN KONDISI) antara kondisi pendidikan saat ini terhadap kondisi pendidikan empat tahun ke depan. Dalam mengidentifikasi tantangan nyata, maka diusahakan bersifat kuantitatif dan terukur. Untuk menghasilkan besarnya tantangan nyata yang terukur tersebut, maka dalam analisis pendidikan masa datang dalam tiap aspek SNP adalah menggunakan pedoman kepada: kriteria, standar, spesifikasi, dan lainnya dari peraturan perundangan yang berlaku atau kalau belum diatur secara eksplisit dapat menggunakan dasar-dasar konsep pendidikan yang ideal. Selisih antara kondisi ideal tiap aspek SNP terhadap kondisi nyata tiap aspek SNP adalah merupakan besarnya tantangan nyata yang harus diatasi sekolah.
No.
Kondisi pendidikan saat ini
Kondisi pendidikan masa datang
Besarnya tantangan nyata
1.
Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan

a
Bidang akademik:



-          Rata2 pencapaian KKM semua mapel 6,80
-          Rata2 pencapaian UN  7,30
-          Siswa kelas 1 dan 2 mampu membaca 80 %
-          Memperoleh juara ke-5 tk kab/kota Nagan Raya LCT Mapel Umum
-          Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota Nagan Raya LCT mapel Agama
-          Rata2 pencapaian KKM semua mapel 8,00
-          Rata2 pencapaian NUN 7,50
-          Siswa kelas 1 dan 2 mampu membaca 100 %
-          Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota Nagan raya  bidang LCT Mapel umum
-          Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota Nagan Raya  LCT  mapael Agama
1,20

0,20

20%
3 tingkat


1 tingkat


b
Bidang non akademik:



-          Perolehan jumlah kejuaraan: 4 piala lomba tingkat kecamatan beutong.
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 2 piala lomba tingkat kabupaten nagan Raya
-          Perolehan juara 3 gerak jalan tg kec. Beutong Hut RI
-          Memperoleh juara ke-4 tk kab/kota bidang gerak jalan
-          Memperoleh 2 piala porseni tk kab. Nagan raya
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 8 piala lomba tingkat kecamatan beutong.
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 5 piala lomba tingkat kabupaten nagan Raya
-          Perolehan juara 1 gerak jalan tg kec. Beutong Hut RI
-          Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota bidang gerak jalan
-          Memperoleh 4 piala porseni tk kab. Nagan raya
4 buah


3 Buah


2 tingkat

2 tingkat

2 buah
c
Kelulusan:



-          Jumlah kelulusan  100 %
-          Jumlah kelulusan 100%
Sampai target
d
Melanjutkan studi:
-           


-          Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 90%
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100%
10%
2
Standar Isi
Standar Isi

a
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):



Belum tersusun Buku KTSP
Tersusun 1 Buku KTSP
1 buah
b
Silabus:
Silabus:


-       Tersusun silabus 4 mapel dari kelas 1 s/d 6

-       Tersusun silabus 12 mapel

Silabus 8 mapel

c
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):



-          Tersusun RPP : 50% dari semua mapel
-       Tersusun RPP semua mapel kelas 6
-          Tersusun RPP : 100% dari semua mapel
-       Tersusun RPP semua mapel kelas 1 s/d 6
50%

RPP kelas 1 s.d 65
3.
Standar Proses


a
Persiapan pembelajaran:
Persiapan pembelajaran:


-          Kepemilikan silabus oleh guru: 80% memiliki
-          Kepemilikan RPP oleh guru: 70% memiliki
-          Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 90%
-          Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 50%

-          Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki
-          Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki
-          Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%
-          Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100%

20%

30%

90%

50%

b
Persyaratan Pembelajaran



-          Jumlah siswa per rombel: 20 anak
-          Beban mengajar guru: 18 jam/minggu
-          Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 3:1
-          Pengelolaan kelas: 80%

-          Jumlah siswa per rombel: 35 anak

-          Beban mengajar guru: ≥ 18 jam/minggu
-          Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1
-          Pengelolaan kelas: 100%
-           
Penambahan siswa 15 siswa/rombel
Sampai target

Penambahan 2 buku/siswa
20%
c
Pelaksanaan pembelajaran:
Pelaksanaan pembelajaran:


-          Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 70%
-          Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 40%
-          Penerapan CTL: 20%
-          Penerapan pembelajaran tuntas: 35%
-          Penerapan PAIKEM/PAKEM: 70%
-          Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 30%
-          Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 70%

-          Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100%
-          Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 100%
-          Penerapan CTL: 100%
-          Penerapan pembelajaran tuntas: 100%
-          Penerapan PAIKEM/PAKEM: 100%
-          Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 100%
-          Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100%



30%


60%
80%

65%

20%

70%

30%
d
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:


-          Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
-          Variasi model penilaian: 2 model
-          Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-          Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 1 manfaat

-          Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
-          Variasi model penilaian: 5 model
-          Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual
-          Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat

30%

3 model

1 jenis berbasis TIK

2 kemanfaatan/tindak lanjut
e
Pengawasan proses pembelajaran:
Pengawasan proses pembelajaran:


-          Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 40%
-          Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 60%
-          Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 80%
-          Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 80%
-          Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60%
-          Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100%
-          Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
-          Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100%
-          Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100%
-          Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%

60%


40%

20%

20%

40%
4
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
Standar  Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:

a
Kepala sekolah:




-           pelatihan TIK 2 kali
-          pelatihan kepemimpinan 1 kali

-          pelatihan manajerial sekolah (MBS) 1 kali
-          Belum pelatihan kewirausahaan

-          Belum pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah
-          Belum pelatihan administrasi persekolahan
-          pelatihan KTSP 2 kali

-          pelatihan TIK min. 5 kali
-          pelatihan kepemimpinan min. 3 kali
-          pelatihan manajerial sekolah (MBS) min. 3 kali
-          pelatihan kewirausahaan min. 3 kali
-          pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah min. 3 kali

-          pelatihan administrasi persekolahan min. 3 kali
-          Pelatihan KTSP min 2 kali


3 kali

2 kali

2 kali

3 kali

3 kali


3 kali
Sampai target

b
Guru: (bersifat rata-rata)
Guru: (bersifat rata-rata)


-          Jumlah guru keseluruhan:  22 orang
-          Jumlah guru IPA: 1 orang
-          Jumlah guru TIK: 0 orang
-          Pelatihan CTL: 0%
-          Pelatihan pembelajaran tuntas: 00%
-          Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 40%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 0%
-          Pelatihan TIK: 35%
-          Pelatihan KTSP: 75%
-          Pelatihan penelitian pendidikan: 20%
-          Pelatihan kepribadian: 10%
-          Pengabdian masyarakat: 10%
-          Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 60%
-          Jumlah guru S1/D4: 35%
-          Jumlah guru bersertifikasi profesi: 20%
-          Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 10%
-          Jumlah guru keseluruhan sesuai kebutuhan mapel: 22
-          Jumlah guru IPA: 1 orang
-          Jumlah guru TIK: 1 orang
-          Pelatihan CTL: 100%
-          Pelatihan pembelajaran tuntas: 100%
-          Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 100%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 100%
-          Pelatihan TIK: 100%
-          Pelatihan KTSP: 100%
-          Pelatihan penelitian pendidikan: 100%
-          Pelatihan kepribadian: 100%
-          Pengabdian masyarakat: 100%
-          Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 100%
-          Jumlah guru S1/D4: 100%
-          Jumlah guru bersertifikasi profesi: 50%
-          Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 100%

 Sampai target

Samap target
1 orang
100%

100%

60%
100%
75%
25%

80%
90%
90%
75%
40%
65%

30%

90%
c
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata)
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata)


-          Jumlah tenaga TU: 1 orang
-          Pelatihan TIK: 50%
-          Pelatihan bidangnya: 10%
-          Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 5%
-          Jumlah pustakawan: 0 orang
-          Jumlah penajaga sekolah 0 org

-          Jumlah tenaga TU: 3 orang
-          Pelatihan TIK: 100%
-          Pelatihan bidangnya: 100%
-          Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 100%
-          Jumlah pustakawan: 3 orang
-          Jumlah penajaga sekolah 1 org
-           
2 orang
50%
90%


95%
3orang
1 org
5
Standar Sarana dan Prasarana
Standar Sarana dan Prasarana

a
Sarana dan Prasarana Minimal
Sarana dan Prasarana Minimal


-          Ruang kepala sekolah: 10 m2
-          Ruang wakil KS tidak ada
-          Ruang kelas : 2 tidak standar
-          Ruang perpustakaan: tidak standar
-          Tidaka ada Ruang Lab. IPA: 1 buah
-          Ruang guru: tidak standar (< 4m2 / guru)
-          Gudang: tidak ada
-          Ruang UKS : tidak ada

-          Ruang kepala sekolah: min. 12 m2
-          Ruang wakil KS ada
-          Ruang kelas : standar 7X9m2
-          Ruang perpustakaan: standar
-          Pengadaa  Lab. IPA: 1 buah
-          Ruang guru:  standar (< 4m2 / guru)
-          Gudang:  ada
-          Ruang UKS : ada
Terbangun ruang KS standar
Terbangun R WK KS
Terbangun 2 R kelas
Terbangun R perpustakaan
Terbangun lab IPA 1 bh
Terbangun ruang guru standar
Terbangun 1 gudang
Terbangun ruang UKS
b
Sarana dan Prasarana Lainnya
Sarana dan Prasarana Lainnya


-          Ruang Lab. Bahasa: tidak ada
-          Ruang Lab. Komputer: tidak ada
-          Ruang multi media: tidak ada
-          Ruang akademik dan pengembangan SIM: tidak ada
-          Ruang kantin: tidak standar (<10m2)
-           

-          Ruang Lab. Bahasa: 1 buah
-          Ruang Lab. Komputer: 1 buah
-          Ruang multi media: tidak ada
-          Ruang akademik dan pengembangan SIM:  2 buah

-          Ruang kantin:  ada s/ tandar


Terbangun 1 R Lab Bahasa
Terbangun 1 R Lab Komputer
Terbangun R multi media
Terbangun 1 R akademik dan SIM
Terbangun R kantin standar
c
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian


-          Daya listrik rendah (< 1000W)
-          Komputer Guru: 5%
-          Komputer TU: 1 buah
-          Komputer perpustakaan: tidak ada
-          Jaringan internet: tidak ada
-          Sarana olah raga: 50%

-          Daya listrik rendah (500W)
-          Komputer Guru: 25%
-          Komputer TU: 5 buah
-          Komputer perpustakaan: 20 buah
-           
-          Jaringan internet: ada
-          Sarana olah raga: 100%

500W
20%
4 buah

20 buah
Terpasang jaringan
50%

6.
Standar Pengelolaan
Standar  Pengelolaan

a
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:


-          Dokumen RPS (RKS dan RKAS): 50%
-          Dokumen PSB: 20%
-          Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 10%
-          Dokumen tata tertib sekolah: 50%
-          Dokumen kode etik sekolah: 50%
-          Dokumen penugasan guru: 80%
-          Dokumen administrasi sekolah lainnya: 80%

-          Dokumen RPS (RKS dan RKAS): 100%
-          Dokumen PSB: 100%
-          Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100%
-          Dokumen tata tertib sekolah: 100%
-          Dokumen kode etik sekolah: 100%
-           
-          Dokumen penugasan guru: 80%
-          Dokumen administrasi sekolah lainnya: 100%

50%

80%

90%

50%

50%
20%

20%
b
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:


-          Struktur organisasi: 75% lengkap
-          Dokumenpembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 60%
-          Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 50%
-          Struktur organisasi: 100% lengkap

-          Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%
-          Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100%

25%


40%

50%

c
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi:


-          Tidak ada tim khusus
-          Tidak ada instrumen suvervisi
-          Tidak ada instrumen monitoring
-          Tidak ada instrumen evaluasi
-          Tidak ada instrumen akreditasi
-          Tidak ada pelaporan supervisi
-          Tidak ada pelaporan monitoring
-          Tidak ada pelaporan evaluasi
-          Tidak ada pelaporan akreditasi internal 70 %
-          Pendokumentasian : 70%
-          Tindak lanjut: 60%

-          Ada tim khusus: 100%
-          Ada instrumen supervisi: 100%
-          Ada instrumen monitoring: 100%
-          Ada instrumen evaluasi: 100%
-          Ada instrumen akreditasi: 100%
-          Ada pelaporan supervisi: 100%
-          Ada pelaporan monitoring: 100%
-          Ada pelaporan evaluasi: 100%
-          Ada pelaporan akreditasi internal: 100%
-          Pendokumentasian : 100%
-          Tindak lanjut: 100%

100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%

20%
30%
40%
d
Kemitraan dan peranserta masyarakat:
Kemitraan dan peranserta masyarakat:


-          Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90%
-          Dokumen program kerja komite sekolah: 60%
-          Kepengurusan komite sekolah: 75% lengkap
-          Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 1 instansi
-          Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: 0 rupiah/bulan
-          Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100%
-          Dokumen program kerja komite sekolah: 100%
-          Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap
-          Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 5 instansi
-          Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: 20.000 rupiah/bulan

10%

40%

25%

4 instansi

20.000,- rupiah/bulan
e
SIM sekolah:
SIM sekolah:


-          terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah) 100%
-          Moderm internet 1 buah

-          Terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah): 100%
-          Moderm internet 2 buah


Sampai target
1 buah
7.
Standar Keuangan dan Pembiayaan
Standar Keuangan dan Pembiayaan

a
Sumber dana: 2 buah
Sumber dana: minimal 5  buah
Minimal 3
b
Pengalokasian dana: 5 SNP
Pengalikasian dana: minimal 8 SNP
3 atau lebih
c
Penggunaan dana: 75% benar
Penggunaan dana: 100% benar
25%
d
Pelaporan penggunaan dana: 75%
Pelaporan penggunaan dana: 100%
25%
e
Dokumen pendukung pelaporan: 80%
Dokumen pendukung pelaporan: 100%
20%








8.
Standar  Penilaian Pendidikan:
Standar  Penilaian Pendidikan:

a
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 50%
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 100%
50%
b
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 50%
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100%
50%
c
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 90%
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%
10%
d
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 90%
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%
10%
e
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 70%
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100%
30%
f
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 80%
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 100%
20%
g
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 80%
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 100%
20%
h
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 80%
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 100%
20%
i
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 75% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100%  terpenuhi
25%
j
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 90% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi
10%




9
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:

a
Pengembangan budaya bersih: 80%
Pengembangan budaya bersih: 100%
20%
b
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi): 50%
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi): 100%
50%
c
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 20%
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 100%
0%
d
Penciptaan budaya tata krama “in action”: 70%
Penciptaan budaya tata krama “in action”: 100%
30%
e
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan: 2 lembaga
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan: 5 lembaga
3 lembaga
f
Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll: 2 lomba
Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll: 5 lomba
3 jenis lomba





E.                 VISI SEKOLAH
MENUJU SEKOLAH BERILMU, BERIMAN DAN BERPRESTASI

Indikator Visi Sekolah:
a.              Terwujudnya lulusan yang cerdas, kompetitif, cinta tanah air, beriman, dan bertaqwa
b.             Terwujudnya KTSP di sekolah
c.              Terwujudnya standar proses pembelajaran yang efektif dan efisien
d.             Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
e.              Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan
f.Terwujudnya standar penilaian pendidikan
g.             Terwujudnya budaya mutu sekolah
h.             Terwujudnya lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, bersih, dll
i.               Terbentuknya siswa yang beriman dan taqwa
j.               Tercapainya prestasi pada tingkat kecamatan, kabupaten dan propinsi

F.           MISI SEKOLAH

a.         Mewujudkan siswa yang berilmu, pinter dan cerdas yang dilandaskan pada  nilai-nilai moral dan akhlaq agama.
b.        Mewujudkan siswa yang memiliki iman dan taqwa dan mampu menerapak dalam kehidupan sehari-hari
c.         Mewujukan sekolah berpresasi dibidang ilmu umum , agama dan olah raga baik di tingkat kecamatan, kabupaten maupun tingkat propinsi.

G.          TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN

1.         Meningkatkan prestasi belajar siswa pada semua bidang studi yang diajarkan di sekolah.
2.         Meningkatkan rata-rata UAN dari 7.3 menjadi 8.00
3.         Meningkatkan nilai rata-rata   UAN/UAS untuk semua mata pelajaran yang diuji.
4.         Meningkat kemampuan membaca seluruh siswa pada kelas 1 dan 2
5.         Menumbuhkembangkan sikap dan minat belajar yang tinggi di sekolah dan rumah
6.         Mampu mempraktekan ibadah sehari-hari dengan baik
7.         Menerapkan nilai-nalai agama dengan baik
8.         Membiasakan siswa berprilaku sopan dan santun dengan teman, guru, dan orang tua baik disekolah maupun dirumah.
9.         Meningkatkat nilai rata-rata roport siswa minimal 7,00.
10.     Mengupayakan siswa dapat naik kelas 100%.
11.     Dapat meraih juara  olimpiade  lomba mata pelajaran ditingkat kecamatan
12.     Meningkatkan prestasi ditingkat kecamatan, kabupaten dan propinsi
13.     Dapat meraih juara    lomba  non akademik ( seni dan olah raga )ditingkat kecamatan, kabuaten dan propinsi
14.     Meningkatkan kemandirian dan rasa tanggungjawab melalui kegiatan ekstrakurikuler.
15.     Mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
H.        PROGRAM STRATEGIS
1.      Pemenuhan SKL :
a.       Peningkatan prestasi bidang akademik
b.      Peningkatan prestasi bidang non akademik
c.       Peningkatan jumlah kelulusan
d.      Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi

2.      Pemenuhan Standar Isi:
a.    Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b.   Pengembangan silabus
c.    Pengembangan RPP
d.         Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya
e.    Pengembangan Panduan Pembelajaran
f.    Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar

3.      Pemenuhan Standar Proses:
a.       Pemenuhan persiapan pembelajaran
b.      Pemenuhan persyaratan pembelajaran
c.       Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
d.      Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e.       Peningkatan pengawasan proses pembelajaran

4.      Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
a.       Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
b.      Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
c.       Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya

5.      Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a.       Pemenuhan srana dan prasarana minimal
b.      Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
c.       Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian


6.      Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a.       Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b.      Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c.       Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d.      Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e.       Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f.       Pengembangan SIM sekolah

7.      Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:
a.       Peningkatan sumber dana pendidikan
b.      Pengembangan pengalokasian dana
c.       Pengembangan penggunaan dana
d.      Peningkatan pelaporan penggunaan dana
e.       Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
f.       Pengembangan income generating unit/unit produksi/unis usaha sekolah

8.      Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
b.      Peningkatan pelaksanaan UTS
c.       Pengembangan materi UAS
d.      Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e.       Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f.       Pengembangan instruman ulangan harian
g.      Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas
h.      Pengembangan instrumen UTS
i.        Pengembangan instrumen UAS
j.        Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
k.      Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
l.        Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian



9.      Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
a.       Pengembangan budaya bersih
b.      Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
c.       Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
d.      Penciptaan budaya tata krama “in action”
e.       Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6K
f.       Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll


I.           STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN
  Upaya yang dilakukan dalam pencapaian target kegiatan, maka sekolah melakukan hal-hal sebagai berikut :
1.          Menjalin kerjasama dengan Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Kab/Kota/Provinsi, Komite Sekolah dan Steakholder lainnya dalam melaksanakan kunjungan ,workshop, lokakarya, seminar, in house training, dll untuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
2.          Menjalin kerjasama dan mengoptimalisasikan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK,KD dll, membuat silabus, membuat RPP, membuat model-model pembelajaran, membuat model-model penilaian, dll melalui workshop. IHT dll untuk menghasilkan dokumen kurikulum sekolah
3.          Menjalin kerjasama dengan pihak lain dan mengoptimalisasikan SDM sekolah untuk mengembangkan ,melengkapi, menambah dsb dalam rangka memenuhi standar sarpra dan media pembelajaran sekolah

J.              HASIL YANG DIHARAPKAN
a.       Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya SKL
b.      Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya standar isi
c.       Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya standar proses
d.      Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya standar tenaga pendidik dan kependidikan
e.       Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya sarana dan prasarana
f.       Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya standar pengelolaan
g.      Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya keuangan dan pembiayaan yang memadai
h.      Terealisasinya /tercapainya/terpenuhinya standar penilaian

                  Indikator Keberhasilan Sekolah :

No.
Program
Tahun I
Tahun II
Tahun III
Tahun IV
1.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
a
Bidang akademik:





-          Rata2 pencapaian KKM semua mapel 6,80
-          Rata2 pencapaian UN  7,30
-          Siswa kelas 1 dan 2 mampu membaca 80 %
-          Memperoleh juara ke-5 tk kab/kota Nagan Raya LCT Mapel Umum
-          Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota Nagan Raya LCT mapel Agama
6,80

7,30

80%

5

2
 6,85

7,40

85%

4

1
 7,00

7,50

95 %

3

1
 8.00

8.00

100%

1

1
b
Bidang non akademik:





-          Perolehan jumlah kejuaraan: 4 piala lomba tingkat kecamatan beutong.
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 2 piala lomba tingkat kabupaten nagan Raya
-          Perolehan juara 3 gerak jalan tg kec. Beutong Hut RI
-          Memperoleh juara ke-4 tk kab/kota bidang gerak jalan
-          Memperoleh 2 piala porseni tk kab. Nagan raya

    5

    3


   2

   3

  2

   6

    4


   1

   2

  4
 
 7

    5


   1

   1

  5

8

    7


   1

   1

  7
c
Kelulusan:





-          Jumlah kelulusan  100 %
100%
100%
100%
100%
d
Melanjutkan studi:
-           




-          Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 90%
90%
90%
95%
100%
2
STANDAR ISI
a
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):





Belum tersusun Buku KTSP
1
1
2
2
b
Silabus:





-       Tersusun silabus 4 mapel dari kelas 1 s/d 6

5 mapel
8 mapel
11 mapel
13 mapel
c
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):





-          Tersusun RPP : 50% dari semua mapel
-       Tersusun RPP semua mapel kelas 6
 60%

Kelas 5-4
70%

Kelas 3-2
90%

Kelas 1
100%

lengkap
3.
STANDAR PROSES
a
Persiapan pembelajaran:





-          Kepemilikan silabus oleh guru: 80% memiliki
-          Kepemilikan RPP oleh guru: 70% memiliki
-          Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 90%
-          Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 50%

80%

70%


90%



60%
90 %

80%


95%



70%
100%

90%


100%



75%
100%

100%


100%



90%
b
Persyaratan Pembelajaran





-          Jumlah siswa per rombel: 20 anak
-          Beban mengajar guru: 18 jam/minggu
-          Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 3:1
-          Pengelolaan kelas: 80%

     25

     18


      2.1
     80%
30

     18


      2.1
     85%
35

     18


      1.1
     90%
35

     18


      1.1
     100%
c
Pelaksanaan pembelajaran:





-          Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 70%
-          Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 40%
-          Penerapan CTL: 20%
-          Penerapan pembelajaran tuntas: 35%
-          Penerapan PAIKEM/PAKEM: 70%
-          Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 30%
-          Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 70%



80%


       50%
         30%

35%

80    %

40%

75%


90 %


60%
40%

45%

85%

40%

80%


    100%


70%
40%

45%

90%

45%

85%


    100%


80%
50%

50%

100%

50%

95%
d
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:





-          Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
-          Variasi model penilaian: 2 model
-          Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-          Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 1 manfaat

   
      75%
       2

      2

      2
   
      85%
       3

      3

      3
   
      90%
       4

      3

      4
   
      100%
       6

      5

      5
e
Pengawasan proses pembelajaran:





-          Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 40%
-          Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 60%
-          Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 80%
-          Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 80%
-          Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60%

45%

70%

85%

85%

65%

55%

80%

95%

90%

70%

60%

85%

95%

95%

75%

65%

90%

100%

100%

85%
4
STANDAR TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN:
a
Kepala sekolah:






-           pelatihan TIK 2 kali
-          pelatihan kepemimpinan 1 kali

-          pelatihan manajerial sekolah (MBS) 1 kali
-          Belum pelatihan kewirausahaan

-          pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah
-          pelatihan administrasi persekolahan
-          pelatihan KTSP 2 kali


2


2


           1


            1
2


3


3


           2


            2
3


3


4


           3


            3
4


4


5


           3


            4
5
b
Guru: (bersifat rata-rata)





-          Jumlah guru keseluruhan:  22 orang
-          Jumlah guru IPA: 1 orang
-          Jumlah guru TIK: 0 orang
-          Pelatihan CTL: 0%
-          Pelatihan pembelajaran tuntas: 00%
-          Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 40%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 0%
-          Pelatihan TIK: 35%
-          Pelatihan KTSP: 75%
-          Pelatihan penelitian pendidikan: 20%
-          Pelatihan kepribadian: 10%
-          Pengabdian masyarakat: 10%
-          Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 60%
-          Jumlah guru S1/D4: 35%
-          Jumlah guru bersertifikasi profesi: 20%
-          Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 10%
      22

1
1
10%

10%

40%
5%
40%
80%

20%
15%
15%

70%
40%

25%

20%
    18

1
1
20%

20%

50%
15%
50%
90%

30%
25%
25%

80%
50%

35%

30%
      18

1
1
30%

30%

60%
25%
60%
100%

40%
35%
35%

90%
60%

45%

40%
      18

1
1
40%

50%

70%
35%
70%
100%

50%
45%
45%

100%
70%

55%

50%
c
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata)





-          Jumlah tenaga TU: 1 orang
-          Pelatihan TIK: 50%
-          Pelatihan bidangnya: 10%
-          Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 5%
-          Jumlah pustakawan: 0 orang
-          Jumlah penajaga sekolah 0 org

-          1
-          55%
-          15%

-          10%
-          1
-          1
1
60%
-          25%

-          20%
-          1
-          1
-          1
-          70%
-          35%

-          30%
-          2
-          1
-          1
-          80%
-          45%

-          40%
-          2
-          1
5
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
a
Sarana dan Prasarana Minimal





-          Ruang kepala sekolah: 10 m2
-          Ruang wakil KS tidak ada
-          Ruang kelas : 2 tidak standar
-          Ruang perpustakaan: tidak standar
-          Ruang Lab. IPA: 0 buah
-          Ruang guru: tidak standar (< 4m2 / guru)
-          Gudang: tidak ada
-          Ruang UKS : tidak ada

-          10m2
-          0
-          2

-          0
-          0

-          0
-          0
-          0


-          0
-          1
-          2

-          0
-          0

-          0
-          0
-          1


-          0
-          0
-          2

-          0
-          1

-          0
-          0
-          0


-          0
-          0
-          0

-          0
-          0

-          0
-          1
-          0


b
Sarana dan Prasarana Lainnya





-          Ruang Lab. Bahasa: tidak ada
-          Ruang Lab. Komputer: tidak ada
-          Ruang multi media: tidak ada
-          Ruang akademik dan pengembangan SIM: tidak ada
-          Ruang kantin: tidak standar (<10m2)


-          1
-          0
-          1
-          0
-          1
-          1
-          1
-          0
-          0
-          0
-          1
-          0
-          1
-          0
-          1
-          0
-          1
-          1
-          1
-          0
-          1
-          1
-          1
-          0
c
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian





-          Daya listrik rendah (< 1000W)
-          Komputer Guru: 5%
-          Komputer TU: 1 buah
-          Komputer perpustakaan: tidak ada
-          Komputer Lab IPA: tidak ada
-          Jaringan internet: tidak ada
-          Sarana olah raga: 20%

-          0
-          10%
-          1

-          0
-          0
-          1
-          20%
-          500w
-          20%
-          1

-          1
-          1
-          0
30%
-          0
-          30%
-          1

-          0
-          0
-          1
40%
-          0
-          40%
-          2

-          0
-          1
-          1
50%
6.
STANDAR PENGELOLAAN
a
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:





-          Dokumen RPS (RKS dan RKAS): 50%
-          Dokumen PSB: 20%
-          Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 10%
-          Dokumen tata tertib sekolah: 50%
-          Dokumen kode etik sekolah: 50%
-          Dokumen penugasan guru: 80%
-          Dokumen administrasi sekolah lainnya: 80%


50%
20%

15%

55%
60%
85%

85%

60%
30%

25%

65%
70%
85%

95%

70%
40%

35%

75%
80%
95%

95%

90%
50%

45%

85%
90%
95%

100%
b
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:





-          Struktur organisasi: 75% lengkap
-          Dokumenpembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 60%
-          Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 50%
80%

65%

60%
90%

75%

70%
95%

85%

80%
100%

95%

90%
c
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:





-           ada tim khusus
-          ada instrumen suvervisi
-          ada instrumen monitoring
-          ada instrumen evaluasi
-          ada instrumen akreditasi
-          ada pelaporan supervisi
-          ada pelaporan monitoring
-          ada pelaporan evaluasi
-          ada pelaporan akreditasi internal 70 %
-          Pendokumentasian : 70%
-          Tindak lanjut: 60%

1
1
1
1
1
1
1
1

75%
75%
65%
1
2
2
2
1
2
1
1

85%
85%
65%
2
3
3
3
1
2
1
1

85%
95%
75%
1
4
4
4
1
2
1
1

85%
100%
85%
d
Kemitraan dan peranserta masyarakat:





-          Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90%
-          Dokumen program kerja komite sekolah: 60%
-          Kepengurusan komite sekolah: 75% lengkap
-          Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 1 instansi
-          Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: 0 rupiah/bulan

95%

65%

80%

2

0%

95%

75%

90%

3

0%

95%

85%

100%

4

0%

100%

100%

100%

6

0%
e
SIM sekolah:





-          terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah) 100%
-          Moderm internet 1 buah


100%
2

100%
2

100%
2

100%
2
7.
STANDAR KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN
a
Sumber dana: 2 buah
2
2
3
4
b
Pengalokasian dana: 5 SNP
6
7
7
9
c
Penggunaan dana: 75% benar
80%
90%
95%
100%
d
Pelaporan penggunaan dana: 75%
80%
90%
100%
100%
e
Dokumen pendukung pelaporan: 80%
85%
95%
100%
100%












8.
STANDAR  PENILAIAN PENDIDIKAN:
a
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 50%
50%
60%
70%
80%
b
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 50%
55%
65%
75%
85%
c
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 90%
95%
100%
100%
100%
d
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 90%
95%
95%
100%
100%
e
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 70%
75%
85%
85%
100%
f
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 80%
80%
80%
80%
80%
g
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 80%
85%
85%
95%
100%
h
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 80%
85%
95%
95%
100%
i
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 75% terpenuhi
80%
90%
95%
100%
j
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 90% terpenuhi
95%
100%
100%
100%






9
PENGEMBANGAN BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH:
a
Pengembangan budaya bersih: 80%
85%
95%
95%
100%
b
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi): 50%
60%
70%
80%
90%
c
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 20%
30%
40%
50%
60%
d
Penciptaan budaya tata krama “in action”: 70%
80%
90%
90%
100%
e
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan: 2 lembaga
3
4
5
6
f
Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll: 2 lomba
3
5
6
7









K.                SUPERVISI , MONITORING DAN EVALUASI
1.                                                                  Tujuan Monitoring dan Evaluasi
a.         Mewujudkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasilnya”
b.         Mewujudkan supervisi klinis (membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
c.         Mewujudkan supervisi klinis CTL, dan lainnya
d.        Mewujudkan evaluasi kinerja sekolah (internal)-à akhir tahun (memnetukan tim, membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
Bentuk Program:
a.          Pemenuhan Supervisi Sekolah
b.         Pemenuhan Monitoring Pelaksanaan Program Sekolah
c.          Pemenuhan Evaluasi Kinerja Sekolah
d.         Pemenuhan Evaluasi Kinerja Guru dan tenaga kependidikan lainnya
2.                                                                  Komponen Input
                                                                        Komponen Input
a.                           Aspek tenaga pendidik : guru mata pelajaran dan guru pembimbing
b.                          Aspek tenaga kependidikan : Kepala Sekolah dan Karyawan
c.                           Aspek Kesiswaan : Kondisi dan prestasi peserta didik
d.                          Aspek Sarana prasarana dan pembiayaan
e.                           Aspek peran masyarakat
                                                                        Komponen Proses
a.       Aspek SKL /Kurikulum dan bahan ajar
b.      Aspek proses belajar mengajar, bimbingan dan pelatihan
c.       Aspek penilaian
d.      Aspek manajemen dan kepemimpinan
                                                                        Komponen Output
a.       Aspek prestasi belajar peserta didik baik akademik maupun non akademik
b.      Aspek prestasi guru / karyawan dan kepala sekolah
c.       Aspek prestasi sekolah/kelembagaan
3.                                                                  Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi
                                                                        Internal
a.       Kepala Sekolah
b.                                                                  Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
                                                                        Eksternal
a.       Komite Sekolah
b.      Kementerian Agama danDinas Pendidikan
c.       Bawasda

4.                                                                  Waktu Pelaksanaan
            Monitoring
a.       Internal : dilaksanakan setiap bulan
b.      Eksternal : -
            Evaluasi
a.       internal  : dilaksanakan setiap akhir semester
b.      eksternal : -
5.                                                                  Sumber Data
a.              Dokumen administrasi pengelolaan
b.              Hasil pengamatan dilapangan
c.              Instrumen monitoring dan evaluasi
             
6.                                                                  Metode Pengumpulan Data
a.     Metode dokumentasi
b.    Metode Wawancara
c.     Metode observasi
d.    Metode kuesioner
7.                                                                  Rincian Kegiatan
a.         Pembentukan tim monitoring dan evaluasi sekolah
b.        Menyusun jadwal pelaksanaan monitoring dan evaluasi
c.         Menyusun instrument monitoring dan evaluasi
d.        Melaksanakan monitoring dan evaluasi
e.         Analisa hasil monitoring dan evaluasi serta tindak lanjut

JADWAL MONITORING DAN EVALUASI
No
Kegiatan
BULAN
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6














1
Monitoring













Internal
v

v
v
v

v
v
v
v
v


Eksternal

V



V





V
2
Evaluasi













Internal





v





v

Eksternal





V





V


L.                 PEMBIAYAAN
Pada MIN Cot Jawi, seluruh pembiayaan penyelenggaraan Madrasah, operasional, personil, biaya investasi dan dana BOS semuanya dibiayai oleh pemerintah pusat melalui DIPA yaitu Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran. Yang semuanya pembiayan tersebut telah diatur dalam beberapa kegiatan, sub kegiatan dan Mata Anggaran Kegiatan (MAK). Untuk kegiatan operasional Madrasah dan investasi, Madrasah, khususnya MIN Cot Jawi menggunakan dana BOS, tupoksi (rutin) dan biaya investasi yang telah diataur dalam DIPA. Sementara untuk kegiatan guru dan siswa menggunakan dana BOS dan Tupoksi (rutin) yang  dapat dialokasikan sesuasi dengan MAK dan hasil musyawarah guru, komite yang tidak melenceng dari MAK tersebut. Adapun segala biaya tersebut dalam 4 tahun dapat dilihat pada tabel pembiayaan RKS ini.
                                                                                

1 comment: